Kamis, 03 Januari 2013

Tertawa yang WAJAR yukk !!



“tertawalah sebelum tertawa itu dilarang”

Mungkin kita pernah mendengar seseorang mengatakan kata-kata tadi,  tertawa adalah hal yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita, tua maupun muda pasti bisa tertawa. bahkan menurut para ahli Tertawa dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita . Tertawa sama halnya seperti berolahraga, ketika tertawa, otot-otot wajah akan meregang dan denyut nadi akan seperti sedang berolahraga, tidak hanya itu, tertawa juga memperlancar distribusi oksigen ke seluruh tubuh.
Tertawa baik untuk kesehatan mental karena bisa melepaskan hormon endorfin yang akan membuat perasaan menjadi lebih baik dan memberikan rasa damai serta mengurangi kecemasan.

Tawa adalah bahasa yang universal dan ekspresi emosi yang sulit untuk dipalsukan dan ditutup-tutupi. Setiap orang pasti punya cara masing masing untuk mengekspresikan tawanya. Tapiii kita harus punya batasan-batasan sendiri  untuk tertawa. Bagaimana jika kita melihat seseorang tertawa sampai  terbahak-bahak sangat keras dan membahana , apalagi kalau dia adalah seorang cewek, akan sangat tidak pantas bila dilihat, orang Jawa bilang itu ‘saru’ .
So , berikut adalah bagaimana tertawa yang ada didalam batas kewajaran :

Tidak Berlebihan
Tuhan tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan. Begitu juga dalam tertawa. Bila kita sedang menertawakan suatu hal atau mendengarkan lelucon teman,  hindari tertawa yang terkesan dibuat-buat . hal ini akan membuat orang-orang disekitar kita menjadi ‘ilfeel’ terhadap kita dan mereka menjadi enggan untuk dekat dengan kita. Jadi bersikaplah apa adanya saat kamu sedang tertawa.

Perhatikan Siapa yang diajak tertawa
Tertawa dengan teman dekat beda dengan saat kita tertawa dengan orang yang lebih tua. Bila tertawa dengan teman kita cenderung bebas dan bisa tertawa sepuasnya, tapi bila dengan orang yang lebih tua kita harus bersikap sopan dan bisa mengendalikan diri.


Tidak menyinggung perasaan
Bercanda bersama sahabat-sahabat kita sangatlah seru, kita sampai bisa lupa segalanya karena terus tertawa. Namun adakalanya kita harus bisa mengendalikan diri kita. Janganlah kita menertawakan kekurangan orang lain, atau sekedar bercanda yang sampai menyakiti hatinya, apalagi kalau sampai bercandaan kita sampai kelewat batas.

Perhatikan tempat ,waktu dan suasana
Dalam tertawa kita harus memperhatikan tempat dan waktu. Bayangkan kita tertawa tertawa cekikikan pada saat jam pelajaran, selain mengganggu teman lain, guru pasti akan menegur kita. Bayangkan juga kita tertawa pada saat teman kita sedang mengalami musibah, itu namanya tertawa diatas penderitaan orang lain. 

Tidak tertawa sendiri
Yang ini jelas, coba kita tertawa sendiri tanpa sebab dikelas ataupun tempat umum. Yah pasti orang-orang disekitar kita mengira kita orang yang rada ‘freak’ dan akan berpikir dua kali untuk mendekati  kita.

Nah, tips tadi mungkin bisa menjadi acuan kamu yang ingin tetap tertawa dalam batas wajar. Segala sesuatu punya batas kewajaran. Bersikaplah wajar  dan tidak berlebihan dalam melakukan sesuatu agar kita disenangi banyak orang. Semoga bermanfaat.
Keep smile J !! cheers :D

0 komentar:

Posting Komentar